QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Berkurban Sapi Lebih Utama, Kenapa?

Ketika seorang akan melakukan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha, terkadang ia bertanya apa jenis hewan qurban terbaik yang harus dia pilih. Di Indonesia umumnya kaum muslimin berkurban dengan menyembelih sapi, kambing atau domba.

Disebutkan bahwa sapi maksimal boleh atas nama 7 orang (kolektif). Sedangkan kambing dan domba hanya boleh atas nama 1 orang saja. Lalu manakah yang lebih afdhal (utama) dari 3 hewan tersebut untuk dijadikan hewan kurban?

Jika perbandingannya adalah yang berkurban masing-masing 1 orang (unta atas nama 1 orang, sapi atas nama 1 orang, kambing atas nama 1 orang dan seterusnya) maka urutannya yang afdhal adalah berkurban unta, sapi, domba baru kambing.

Dan jika perbandingannya adalah 1 sapi atas nama 7 orang dengan kambing atas nama 1 orang, maka yang afdhal adalah berkurban kambing atas nama 1 orang daripada 1 sapi atas nama 7 orang.

Imam an-Nawawi dalam Kitab Al Majmu' Syarh al-Muhadzdzab menyebutkan bahwa kurban unta lebih afdhal daripada sapi, kurban sapi lebih afdhal dari pada kambing. Dan domba 1 tahun lebih afdhal dari pada kambing 2 tahun. Hal ini disepakati para ulama Syafi'iyah. Adapun kurban 1 ekor kambing lebih afdhal daripada kurban 1 ekor unta atau sapi atas nama 7 orang (kolektif).

Jadi untuk di Indonesia, kurban terbaik (urutannya) adalah sapi sendiri, kemudian kambing, kemudian sapi untuk bertujuh orang. Intinya semua kurban itu baik sesuai kemampuan masing-masing.

Yuk kurban sapi di QuranBest!