QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Manfaat Kurma dan Anjuran Rasulullah

Rasulullah menempatkan kurma pada posisi yang spesial untuk dikonsumsi. Menurut berbagai penelitian, buah kurma mengandung dua pertiga unsur gula alami yang paling mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Mengenai manfaat kurma bagi kesehatan tubuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskannya dalam hadits berikut,

“Siapa yang setiap hari sarapan kurma ajwa 7 butir, maka racun maupun sihir tidak akan memberikan pengaruh baginya di hari itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ibnul Qoyim menjelaskan, Kurma Ajwa Madinah adalah salah satu jenis kurma di Madinah. Termasuk kurma daerah Hijaz yang paling baik manfaatnya. Jenis Kurma yang bagus, lezat, dagingnya padat, kuat. Termasuk kurma yang lembut, nikmat dan lezat. (Zadul Ma’ad)

“Sesungguhnya dalam kurma ajwa dari daerah Aliyah terdapat obat. Atau bahwa ajwa adalah anti racun di pagi hari.” (HR. Muslim)

Imam An-Nawawi menerangkan, daerah Aliyah adalah perkebunan atau perkampungan dari dataran tinggi Madinah ke arah Nejd (Jazirah arab bagian tengah). Atau perkebunan di dataran rendah Madinah ke arah Tihamah. Menurut al-Qodhi Iyadh, daerah Aliyah yang paling dekat sejarak 3 mil dan yang paling jauh 8 mil dari Madinah. (Syarh Shahih Muslim)

Kebanyakan ulama berpendapat bahwa kurma ini khusus untuk kurma Madinah, bahkan jenis khusus dari kurma Madinah, yaitu Kurma Ajwa yang berasal dari perkebunan Aliyah. Sehingga semua batasan di atas berlaku.

Ada juga yang berpendapat bahwa khasiat ini tidak hanya khusus untuk kurma Ajwah, tapi bisa untuk semua kurma yang berasal dari Madinah. Siapa yang rutin sarapan dengan kurma Madinah, bisa mendapatkan khasiat seperti yang disebutkan dalam hadits.

Dan ini merupakan bagian dari keberkahan kota Madinah, berkat doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sudah konsumsi kurma hari ini? Yuk pesan sekarang, selain dapat kurma, insyaAllah kamu juga bakal dapat pahala menyebar Al-Quran digital