QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kurma

Berikut jenis kurma yang beredar di Indonesia dan manfaatnya.

1. Kurma ajwa
Ciri-ciri kurma ajwa atau kurma nabi adalah memiliki warna hitam dengan rasa yang tidak terlalu manis. Tekstur dari kurma ajwa lebih lembut ketika digigit

Manfaat kurma ajwa

Sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan sel, antioksidan untuk mencegah radikal bebas, menjaga kesehatan otak, juga bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe-2.

2. Kurma Sukari
Kurma sukari atau kurma raja memiliki rasa yang legit, manis serta daging yang lembut. 

Manfaat Kurma Sukari

Sebagai antioksidan, meningkatkan energi, mengandung vitamin A yang berperan menjaga sistem imunitas tubuh, juga mengandung nutrisi penting lainnya magnesium, florida, zat besi serta asam amino.

3. Kurma barhi
Kurma barhi atau berhee bentuknya lebih kecil dan memiliki tekstur yang renyah dengan lapisan kulitnya yang tipis. Daging kurma barhi terasa lembut.

Manfaat Kurma Barhi

Kaya akan serat, zat besi, kalium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan, mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, serta kanker.

4. Kurma medjool
Bentuk kurma medjool sedikit lebih besar dari jenis kurma lain dengan warna yang gelap. Rasa kurma medjool cenderung seperti karamel.

Manfaat kurma medjool

Mengandung karbohidrat, gula, serat, kalium, protein, lemak, zat besi, dan tembaga, baik untuk kesehatan jantung, membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), dapat melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.

5. Kurma deglet noor

Jenis kurma deglet noor memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan ukuran lebih kecil dan berwarna kuning cerah.

Manfaat kurma deglet noor

Menjaga kesehatan tubuh, mencegah sembelit serta baik untuk kesehatan usus, berfungsi meningkatkan kesuburan.

So sudah konsumsi kurma hari ini? Yuk pesan sekarang, selain dapat kurma, insyaAllah kamu juga bakal dapat pahala menyebar Al-Quran digital