QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Sedekah Membawa Ketenangan

Rp. 16,441,000

dari Rp. 180,000,000

709 orang telah berdonasi

Sudah berakhir

Penggalang Dana

provider-image

Yayasan Ruang Berbagiverified

Akun Terverifikasi

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُم بِٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan siang hari secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

Ayat adalah ayat mengenai ajakan untuk mengeluarkan sedekah yang membawa berita gembira bagi orang-orang yang gemar bersedekah pada setiap keadaan, siang maupun malam, secara rahasia atau terang- terangan, bahwa sedekahnya tersimpan di sisi Rabbnya yang akan diterima di akhirat nanti. Tidak ada rasa takut untuk mereka dan mereka tidak bersedih hati di dunia, alahm barzakh, atau[un di akhirat.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari Ayat tersebut di antaranya,
• Bolehnya bersedekah di malam hari dan siang hari, secara rahasia atau terang-terangan, karena semua itu dibalas oleh Allah berupa pahala selama dilakukan untuk mencari wajah Allah bukan yang lain.
• Kabar gembira dari Allah kepada kaum mukminin dan orang yang gemar bersedekah, bahwa pahala mereka disimpan di sisi-Nya dan menghilangkan rasa takut dan kesedihan dari diri mereka.
• Orang yang bersedekah akan selalu tenang, tidak penuh rasa khawatir untuk masa depannya dan tidak bersedih dengan apa yang ia tinggalkan di masa silam.