QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Apa Itu Mad Jaiz Munfashil?

Mad Jaiz Munfashil merupakan satu dari 13 bagian dari Hukum Mad Far’i dalam ilmu tajwid. Secara etimologi Mad Jaiz Munfashil adalah :

• Mad artinya panjang

• Jaiz berati boleh

• Munfashil berarti terpisah atau di luar kata

Mad Jaiz Munfashil ini terjadi ketika Mad Thobi’i yaitu ( ــــــَــــــ ا ; يْ ـــــــِــــــ ; وْ ـــــــُـــــــ ) ketemu dengan huruf hamzah/alif pada kalimat terpisah, baik berharokat Fathah, Kasroh, ataupun Dhommah (اَ – اِ – اُ )

Cara membaca dari Mad Jaiz Munfashil ini adalah boleh panjang 2 harokat, 4 harokat, ataupun juga bisa 6 harokat. Dengan catatan membaca panjang tiap harakat tersebut harus teratur, tetap dan rata.

Maka apabila dari awal kita membaca Mad Jaiz Munfashil yang panjangnya 2 harokat, maka keseluruhan kata/kalimat yang mempunyai hukum Mad Jaiz Munfashil tersebut untuk selanjutnya wajib dibaca dengan 2 harokat. Apabila dari awal membaca Mad Jaiz Munfashil  dengan panjang 4 harokat, maka selanjutnya cara membaca Mad Jaiz Munfashil selanjutnya adalah wajib 4 harokat.

Di dalam Al-Quran, kata/kalimat yang mengandung Mad Jaiz Munfashil diberikan tanda berupa garis tipis yang melengkung pada bagian atas huruf Mad Thobi’i atau juga bisa berada antara huruf Mad Thobi’i dan huruf alif.

Berikut contoh bacaan Mad Jaiz Munfashil,

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ 

إِنَّآ أَعۡطَيۡنَٰكَ ٱلۡكَوۡثَرَ 

ٱنطَلِقُوٓاْ إِلَىٰ ظِلّٖ ذِي ثَلَٰثِ شُعَبٖ