QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Sikap Seorang Muslim Merespon Peristiwa Alam

Alam dengan segala peristiwa yang terjadi, dan dengan segala petaka, bencana serta musibah yang terjadi di dalamnya, maka tetaplah alam tersebut merupakan makhluk Allah yang tanpanya manusia tidak akan bisa hidup, yang tanpanya manusia tidak akan mampu bernafas, demikianlah hakikat dari pada makhluk tersebut, makhluk yang dalam pandangan manusia diam tanpa berucap, namun pada hakikatnya ia adalah makhluk yang tiada henti bertasbih dan memuji pencipta-Nya setiap saat.

Lalu, bagaimana sebaiknya setiap kita sebagai muslim merespon berbagai peristiwa alam hari ini, peristiwa yang kadang mengguncang keimanan dan keislaman kita, peristiwa yang mungkin saja akan memberi jarak persahabatan antara kita dengan alam sekitar kita.

Berikut beberapa cara bagaimana kita merespon peristiwa-peristiwa alam tersebut.

- Pertama: Apa yang terjadi dengan alam sekitar kita, seyogyanya membawa kita pada suatu keyakinan, bahwa ketetapan Allah Insya Allah baik untuk kehidupan manusia beserta alam sekitarnya, karena seluruh apa yang Allah ciptakan-Nya, maka semua adalah kebaikan, dan sama sekali tidak ada keburukan.

Allah berfirman;

بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS. Ali ‘Imran: 26)

- Kedua: Membawa kita pada suatu kesimpulan hidup, bahwa Allah menetapkan segala peristiwa-peristiwa tersebut untuk menggiring manusia kepada jalan petunjuk yang benar, dan sungguh, berapa banyak manusia yang mendapatkan jalan kebenaran dan kebaikan, setelah dirinya mengalami serangkaian peristiwa alam.

Maha benar Allah dalam firmannya;

الَّذِي أَعْطَى كُلَّ شَيْءٍ خَلْقَهُ ثُمَّ هَدَى

“Tuhan kami ialah, Tuhan yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk." (QS. Taha: 50)

- Ketiga: Semakin meyakinkan kita, bahwa apa yang terkadang dalam pandangan kita buruk, namun pada hakikatnya banyak kebaikan yang Allah simpan pada peristiwa-peristiwa tersebut.

Allah berfirman;

فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

“Mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (QS. An-Nisa`: 19)

- Keempat: Meyakini bahwa semua itu tentunya sejalan dengan takdir dan ketetapan Allah yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya, dan ketenanganlah bagi hamba-Nya yang mengimani akan takdir peristiwa tersebut.

Allah berfirman;

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ

“Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya." (QS. At-Tagabun: 11)

Demikianlah 4 cara untuk kita merespon berbagai peristiwa alam hari ini, semoga Allah menguatkan hati-hati saudara-saudara kita yang sedang mendapatkan ujian, dan semoga Allah segera memberi kesembuhan kepada mereka yang terluka dalam peristiwa ujian tersebut, dan mengganti kesedihan mereka dengan kegembiraan, serta duka mereka dengan kebahagiaan, Amin Ya Robbal ‘Alamin.