QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Doa Kafaratul Majlis

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ ، أشْهَدُ أنْ لا إلهَ إِلاَّ أنْتَ ، أسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ 

Subhanaka allohumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astagfiruka wa atubu ilaika

"Mahasuci Engkau, wahai Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu."

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang duduk di suatu majelis lalu banyak senda guraunya (kalimat yang tidak bermanfaat untuk akhiratnya), maka hendaklah ia mengucapkan sebelum bangun dari majelisnya itu doa tersebut di atas, kecuali diampuni baginya dosa-dosa selama di majelisnya itu.” (HR. Tirmidzi 3433)

Faedah Doa
1. Doa kafaratul majelis dibaca di akhir, bukan di awal majelis.
2. Ada tiga kandungan dalam doa kafaratul majelis ini: (a) menyucikan Allah dari berbagai sifat kekurangan dan memuji Allah atas segala perbuatan-Nya; (b) menetapkan uluhiyah hanya kepada Allah semata, tidak ada sekutu bagi Allah, ini merupakan kesempurnaan ibadah kepada Allah dan kesempurnaan pujian bagi-Nya; (c) kembali beristighfar dan bertaubat kepada Allah.
3. Siapa yang mengucapkan doa kafaratul majelis, maka Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya yang dilakukan di dalam majelis.
4. Syariat Islam datang tidak sekaligus, namun diturunkan sesuai keadaan.