QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Tiga Sumpah Allah Dalam Surat Al Buruj

Allah membuka surat al-Buruj dengan bersumpah terhadap langit yang mempunyai gugusan bintang dengan firman-Nya:

وَالسَّمَاءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ

Demi langit yang mempunyai gugusan bintang (1)

Ibnu Katsir mengatakan: “Allah bersumpah dengan langit beserta gugusan bintangnya, dan ia adalah bintang-bintang yang besar, sebagaimana yang telah lalu penjelasannya pada firman Allah:

تَبَارَكَ الَّذِي جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَجَعَلَ فِيهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيرًا

Mahasuci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya. (QS. al-Furqan: 61)

وَالْيَوْمِ الْمَوْعُودِ

dan hari yang dijanjikan (2)

Syaikh as-Sa’di menjelaskan: “Maksudnya adalah hari kiamat, yang mana Allah telah berjanji pada seluruh makhluk untuk mengumpulkan semuanya pada hari tersebut, serta menyatukan orang-orang terdahulu maupun yang akhir, jauh maupun dekat, yang tidak memungkinkan untuk berubah, dan tidaklah Allah menyelisihi janji-Nya.” 

وَشَاهِدٍ وَمَشْهُودٍ

dan yang menyaksikan dan yang disaksikan (3)          

Ada yang mengatakan asy-Syahid adalah Allah dan Rasulullah, sebagaimana firman Allah:

وكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا

Dan cukuplah Allah menjadi saksi. (QS. an-Nisa’: 79)

  فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ وَجِئْنَا بِكَ عَلَى هَؤُلَاءِ شَهِيدًا

Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami datangkan seseorang saksi (Rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu)? (QS. an-Nisa’: 41)

Dan Masyhud adalah hari kiamat, sebagaimana Allah berfirman:

 ذَلِكَ يَوْمٌ مَجْمُوعٌ لَهُ النَّاسُ وَذَلِكَ يَوْمٌ مَشْهُودٌ

Hari kiamat itu adalah suatu hari yang semua manusia dikumpulkan untuk (menghadapi)nya, dan hari itu adalah suatu hari yang disaksikan (oleh segala makhluk). (QS. Hud: 103)

Semua makhluk yang diciptakan Allah dengan beraneka ragam bentuk dan sifat, serta memiliki keajaiban-keajaiban yang sangat mengagumkan, semisal matahari, bulan dan gugusan bintang. Mereka berjalan teratur sesuai dengan orbit masing-masing. Kejadian alam tersebut menunjukkan atas kesempurnaan kebesaran Allah, serta rahmat-Nya, luas keilmuan-Nya dan kebijaksanaan-Nya. (QS. al-Maidah: 17)

Faedah Ayat
Semua makhluk yang diciptakan Allah beraneka ragam bentuk dan sifat, serta memiliki keajaiban-keajaiban yang sangat mengagumkan, seperti matahari, bulan dan gugusan bintang. Mereka berjalan teratur sesuai dengan orbit masing-masing. Menunjukkan atas kesempurnaan kebesaran Allah, serta rahmat-Nya, dan luas keilmuan-Nya.

Allah bersumpah sesuai dengan kehendaknya pada seluruh makhluknya, tanda-tanda kekuasaanya serta hukum-hukum syariah. Adapun manusia tidak boleh bersumpah kecuali atas nama Allah.

Sebuah janji Allah akan terjadinya hari kiamat pasti akan terjadi, tidak akan bergeser sedikit pun. Inilah yang selalu diyakini hamba-hamba Allah yang shalih, bahkan Allah sendiri meyakinkan kepada semua orang agar mengimaninya.

Keagungan yang menyaksikan dan yang disaksikan.