QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Doa Setelah Adzan

Ketika mendengar adzan, kita dianjurkan untuk mendengarkan serta mengikuti apa yang diucapkan oleh muadzin, kecuali pada lafaz “Hayya ‘alash sholah” dan “Hayya ‘alal falah” maka kita mengucapkan, “La haula wa la quwwata illa billah”.

Kemudian setelah adzan selesai, kita membaca doa ini.

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ اَلدَّعْوَةِ اَلتَّامَّةِ , وَالصَّلَاةِ اَلْقَائِمَةِ , آتِ مُحَمَّدًا اَلْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ , وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا ا اَلَّذِي وَعَدْتَهُ

Allohumma robba hadzihid da’watit tammah, wash sholatil qoimah, ati muhammadanil wasilati wal fadhilah, wab’atshu maqomam mahmudanil ladzi wa ‘adtah.

"Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya]."

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barang siapa yang membaca doa tersebut setelah mendengar adzan, maka dia akan mendapatkan syafaat dariku kelak. (Diriwayatkan oleh Imam Yang Empat).

Faedah Doa
- Al-wasilah dalam bacaan setelah azan di atas maksudnya adalah kedudukan di surga. Al-fadhilah artinya kedudukan lebih tinggi dari makhluk lainnya. Maqomam mahmuda artinya setiap yang melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam akan memujinya.
- Syafaat yang dimaksud dalam bacaan setelah adzan adalah syafaatul uzhma dan syafaat bentuk lainnya.
- Dianjurkan berdoa setelah azan agar mudah meraih kebaikan dan bacaan setelah azan sendiri akan mudah meraih syafaat.