QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Gambaran Kondisi Para Penghuni Surga

Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan tentang kondisi kelompok yang masuk ke dalam surga dalam Surat Al-Ghasyiyah ayat 8-16:

8.وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاعِمَةٌ

 “Pada hari itu banyak (pula) wajah yang berseri-seri”

Mereka adalah penghuni surga. Wajah mereka berseri-seri dan wajah yang berseri-seri itu menunjukkan bahwa tubuh mereka seluruhnya juga dalam keadaan bahagia. Karena kebahagiaan dan kesedihan akan tampak pertama kali dari wajah. Allah berfirman:

“Ingatlah wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS Yunus : 62)

Kesedihan dan kekhawatiran senantiasa meliputi mereka ketika di dunia, tetapi setelah di akherat semuanya hilang. Tidak ada lagi rasa letih, tidak ada kekhawatiran, tidak ada kesedihan, melainkan wajah-wajah mereka pada hari itu dalam keadaan berseri-seri. Allah berfirman:

9.لِسَعْيِهَا رَاضِيَةٌ

“Mereka senang karena usahanya (sendiri)”

Saat masih di dunia mereka beramal shalih, mereka shalat, berpuasa, membayar zakat, berhaji, mereka membaca Al-Quran, mereka menjaga diri dari hal-hal yang haram, sehingga di akherat Allah menampakkan balasan-Nya dan mereka ridha dengan balasan tersebut. Kemudian Allah berfirman:

10.فِي جَنَّةٍ عَالِيَةٍ

“(Mereka) dalam surga yang tinggi.”

11.لَّا تَسْمَعُ فِيهَا لَاغِيَةً

“Disana (kamu) tidak akan mendengar perkataan yang tidak berguna”

Allah berfirman dalam ayat yang lain:

“(Di dalam surga itu) mereka saling mengulurkan gelas yang isinya tidak (menimbulkan) ucapan yang tidak berfaedah ataupun perbuatan dosa.” (QS At-Thur : 23)

Semua perkataan mereka menyenangkan dan mendatangkan kebahagiaan. Tidak ada perkataan yang sia-sia dan tidak pula ada perkataan yang mendatangkan kemaksiatan. Demikianlah pembicaraan diantara penghuni surga.

12.فِيهَا عَيْنٌ جَارِيَةٌ

“Disana ada mata air yang mengalir”

13.فِيهَا سُرُرٌ مَّرْفُوعَةٌ

“Disana ada dipan-dipan yang ditinggikan”

14.وَأَكْوَابٌ مَّوْضُوعَةٌ

“Dan gelas-gelas yang tersedia (di dekatnya)”

Para penghuni surga tidak perlu berjalan kaki untuk mengambil gelas-gelas yang ingin dia minum darinya. Karena Allah telah menyediakan pelayan yang bisa melayaninya kapanpun dia ingin minum. Allah berfirman:

“Dan mereka dikelilingi oleh para pemuda yang tetap muda.” (QS Al-Insan : 19)

Kemudian Allah berfirman:

15.وَنَمَارِقُ مَصْفُوفَةٌ

“Dan bantal-bantal sandaran yang tersusun”

نَمَارِقُ adalah jamak dari نُمْرُقَةُ yaitu bantalan-bantalan sandaran yang tersusun. Karena bagi para penghuni surga disediakan bantalan-bantalan tempat bersandar yang tersusun rapi dan indah di surga kelak.

16.وَزَرَابِيُّ مَبْثُوثَةٌ

“Dan permadani-permadani yang terhampar”

Dimana penghuni surga tersebut ingin duduk maka disitu ada permadani. Allah telah menyediakannya di setiap tempat. Demikianlah kenikmatan-kenikmatan yang akan dirasakan oleh para penghuni surga.