QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Obatilah Orang yang Sakit Dengan Sedekah

Abdullah bin Mubarak adalah seorang tabi’in yang lahir pada tahun 118 Hijriah. Ia terkenal dengan ilmu, kezuhudan dan kedermawanannya. Dialah ulama tempat orang-orang bertanya sekaligus mencari solusi di zamannya.

Pada suatu hari, seseorang yang telah menderita penyakit selama bertahun-tahun bertanya kepada Abdullah bin Mubarak, “Wahai Abu Abdurrahman, penyakit borok di lututku telah berusia bertahun-tahun. Aku telah bertanya kepada para tabib dan mengobatinya dengan berbagai obat, tetapi tidak berhasil.” Tanya orang tersebut penuh harap.

“Pergilah mencari lokasi tempat manusia membutuhkan air,” jawab Abdullah bin Mubarak memberikan solusi. “lalu buatlah sumur di sana. Aku berharap muncul mata air di sana dan borokmu tidak lagi mengeluarkan darah dan nanah.”

Orang itu pun mengikuti saran Ibnu Mubarak. Ia mencari daerah yang penduduknya kekurangan air. Ia buatkan sumur untuk mereka. Lalu, Allah pun menyembuhkan penyakitnya.

Mengomentari kisah keajaiban sedekah ini, Aidh Al-Qarni menjelaskan, jangan heran wahai saudaraku yang mulia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Baihaqi dan Thabrani; hasan lighairihi menurut Al-Albani dalam Shahih Targhib wa Tarhib).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan kemurkaan Tuhan.” (HR. Tirmidzi dan ia menghasankannya)

[Disarikan dari As’adu Imroatin Fil ‘Alam]