QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Telah Dibayar Lunas Dengan Segelas Susu

Seorang pemuda miskin bekerja menjual barang-barang dari rumah ke rumah untuk membiayai studinya. Suatu hari ia tidak memiliki cukup uang untuk membeli makanan, padahal ia merasa sangat kelaparan. Ketika mendekati suatu rumah untuk menawarkan barang yang ia jual, ia memutuskan untuk meminta sedikit makanan dari pemilik rumah tersebut.

Ia segera mengetuk pintu rumah tersebut. Tak lama kemudian keluar seorang wanita muda pemilik rumah membukakan pintu untuknya. Namun, ketika itu ia hanya berani meminta segelas air. Wanita muda itu menatap si pemuda dan ia paham bahwa mungkin dia sedang kelaparan. Akhirnya, wanita muda itu membawakan segelas besar susu untuknya.

Si pemuda meminumnya dan kemudian bertanya, “berapa aku harus membayar untuk segelas susu ini?”

Wanita muda itu menjawab, “kamu tidak perlu membayar apa pun, ibu kami mengajarkan untuk tidak menerima bayaran untuk sebuah kebaikan.”

“maka aku mengucapkan terima kasih dari lubuk hati saya” ucap si pemuda itu.

Beberapa tahun berlalu. Suatu hari ada seorang wanita yang menderita sakit parah. Para dokter di kotanya sudah tidak sanggup menanganinya. Akhirnya mereka mengirimnya ke kota besar dimana ada dokter spesialis yang mampu menangani penyakitnya tersebut.

Dr. Howard Kelly dipanggil untuk melakukan pemeriksaan. Saat beliau mendengar kota asal wanita tersebut, terbesit seberkas pancaran aneh pada matanya. Beliau segera bangkit dan bergegas turun melalui hall rumah sakit menuju kamar wanita tersebut.

Dengan berpakaian jubah kedokteran, dia menemui wanita itu, dia langsung mengenalinya dengan sekilas pandang. Kemudian dia kembali ke ruang konsultasi dan memutuskan untuk melakukan upaya terbaik untuk menyembuhkan wanita itu.

Mulai hari itu, dia selalu memberikan perhatian khusus untuk kasus wanita tersebut. Setelah melalui perjuangan yang tidak mudah dan sangat melelahkan, akhirnya ia berhasil menyembuhkan penyakit yang diderita oleh wanita itu.

Kemudian dr. Kelly meminta bagian keuangan rumah sakit untuk mengirimkan biaya tagihan pengobatan wanita itu kepadanya. Dia melihatnya dan menulis sesuatu di pojok bawah lembar tagihan, lalu mengirimkannya ke kamar pasien wanita tersebut.

Wanita itu menerima tagihan tersebut, dia khawatir bahwa jumlah tagihannya akan sangat besar dan mungkin butuh sisa waktu hidupnya untuk bisa melunasinya. Namun, begitu membuka lembar tagihannya, ia mendapati suatu catatan kecil di bagian bawah lembar tagihan, catatan itu berbunyi,

“TELAH DIBAYAR LUNAS DENGAN SEGELAS SUSU”

Tertanda: Dr. Howard Kelly

Terkadang sedekah dan kebaikan kita di masa lalu dapat menyelamatkan masalah kita di masa yang akan datang, dengan izin Allah SWT.