QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Bersedekah Tidak Mesti Banyak, Yang Penting Ikhlas Dan Halal

Bersedekah dengan hati yang ikhlas bisa membuat sedekah yang dilakukan semakin berkah, bernilai lebih dan dibalas dengan kebaikan-kebaikan lain yang lebih mengesankan. Banyak atau sedikit sedekah yang dikeluarkan, jika hal itu dilakukan karena Allah semata, maka akan mendatangkan berbagai kebaikan dan keberkahan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang bersedekah dengan sesuatu yang senilai dengan sebutir kurma dari usaha yang halal, dan Allah tidaklah menerima kecuali yang thayib (yang baik), maka Allah akan menerima sedekahnya dengan tangan kanan-Nya kemudian mengembangkannya untuk pemiliknya seperti salah seorang dari kalian membesarkan kuda kecilnya hingga sedekah tersebut menjadi besar seperti gunung. (HR. Bukhari, no. 1410)

Dalam hadis lain disebutkan,

“Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil usahanya yang halal, melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membesarkannya sebagaimana salah seorang dari kalian membesarkan anak kuda atau anak unta betinanya hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu.” (HR. Muslim no. 1014)

Hadis tersebut menjelaskan bahwa pahala sedekah walaupun dengan sebutir kurma, akan dibalas dengan ganjaran seberat gunung. Namun sedekah ini bisa berlipat pahalanya asalkan dilakukan dengan ikhlas tanpa dibarengi sikap riya` dan diambil dari usaha yang halal.