QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Harta Tidak Berkurang Karena Sedekah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

”Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim no. 2558)

Yahya bin Syarf An-Nawawi rahimahullah menjelaskan hadis tersebut ada dua penafsiran,

Pertama, Harta tersebut akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahannya. Ini bisa dirasakan secara inderawi dan kebiasaan.

Kedua, Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus bertambah dengan kelipatan yang amat banyak.

Syaikh Muhammad Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menerangkan hadis di atas dengan mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah mengucapkan sesuatu berdasarkan hawa nafsunya semata. Beliau bersabda, ”Sedekah tidaklah mungkin mengurangi harta.” Kalau dilihat dari sisi jumlah, harta tersebut mungkin saja berkurang, namun kalau kita lihat dari hakekat dan keberkahannya justru malah bertambah. Boleh jadi kita bersedekah dengan 10 real, lalu Allah beri ganti dengan 100 real.

Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

”Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba`: 39)

Allah akan mengganti bagi kalian sedekah tersebut segera di dunia, Allah pun akan memberikan balasan dan ganjaran di akhirat.”

Namun perlu diingat, tetapkanlah niatkan setiap infak, sedekah dan zakat ikhlas karena Allah dan jangan cuma mengharap keuntungan dunia semata.