QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Amalan-Amalan di Hari Arafah

Hari Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah setiap tahun merupakan salah satu hari yang paling utama sepanjang tahun.

Di antara amalan-amalan yang bisa dilakukan pada hari Arafah adalah sebagai berikut:

Pertama, Perbanyak berdoa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah.” (HR. Tirmidzi, no. 3585)

Kedua, Membaca LA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LA SYARIKA LAH LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI`IN QADIR pada senja Arafah

“Kalimat utama yang aku dan para nabi ucapkan pada senja Arafah adalah, La ilaha illallah wahdahu la syarika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai`in qadir (Tidak ada sembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu). (HR. Athabrani dari ‘Ali secara marfu’)

Ketiga, Bertakbir sejak subuh hari Arafah hingga hari tasyrik setiap ba’da sholat

Dari Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Kami pagi-pagi bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Mina menuju Arafah, di antara kami ada yang bertalbiyah dan di antara kami ada yang bertakbir.” (HR. Muslim, no. 1284)

Keempat, Berpuasa pada hari Arafah bagi yang tidak berhaji

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arafah (9 Dzulhijah) dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahuan akan datang.” (HR. Muslim, no. 1162)

Kelima, Perbanyak kebaikan seperti sedekah, karena hari Arafah termasuk awal Dzulhijah

“Tidak ada satu amal shalih yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shalih yang dilakukan pada hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijah).” Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi menjawab, “Jihad di jalan Allah pun tidak bisa mengalahkan kecuali yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali sedikit pun.” (HR. Abu Dawud, no. 2438)