QuranBest (Free)

150juta++ halaman Al Quran telah dibaca

Yuk lakukan amalan-amalan setelah Ramadhan

Kita bersyukur karena dengan izin Allah kita diberi kesempatan untuk merasakan sejuknya beribadah di bulan ramadan. Karena ada janji Allah berupa ampunan dosa bagi yang melaksanakan puasa di bulan ramadan karena iman dan mengharap ganjarannya.

Setelah ramadan berlalu, kita tetap harus terus beramal sebagai bekal untuk akhirat nanti. Berikut amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan oleh seorang muslim setelah menunaikan puasa ramadan.

1. Tetap menjaga shalat lima waktu di awal waktunya.

Sholat di awal waktu adalah sebaik-baik amalan sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,

Dari Ummu Farwah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, “Shalat di awal waktunya.” (HR. Abu Daud no. 426)

2. Memperbanyak puasa sunnah

Selain kita melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan,  hendaklah kita menyempurnakannya pula dengan melakukan amalan puasa sunnah. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

“Maukah kutunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan?; Puasa adalah perisai, …” (HR. Tirmidzi no. 2616)

3. Berpuasa enam hari di bulan puasa syawal

Puasa ini mempunyai keutamaan yang sangat istimewa. Hal ini dapat dilihat dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Abu Ayyub Al Anshoriy, Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164)

4. Menjaga Sholat Malam

Sungguh sangat disayangkan jika di bulan kita begitu semangat mendirikan qiyamul-lail (sholat tarawih) namun setelah ramadan amalan ini hilang begitu saja.

Shalat malam adalah sebaik-baik shalat setelah shalat wajib. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

5. Amalan kontinu, amalan yang paling dicintai

Jika kita gemar melakukan amalan-amalan sunnah di bulan ramadan seperti sholat sunnah,sedekah dan lain sebagainya maka hendaklah amalan tersebut dijaga.

(Ketahuilah bahwa) amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang kontinu (ajeg) walaupun sedikit.” (HR. Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah)

Semoga dengan ramadan kita mendapatkan predikat taqwa dan juga bisa mengoptimalkan amalan-amalan kita pada bulan-bulan setelahnya.